Berita Ekonomi Global Berita Ekonomi Global | Perkembangan Perbankan SyariahEkonomi Global: Bernanke: Defisit Ancam Perekonomian AS

Tuesday 5 October 2010

Bernanke: Defisit Ancam Perekonomian AS

WASHINGTON - Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (Fed) Ben Bernanke mendesak langkah cepat dan tegas untuk mengendalikan membeng
kaknya defisit anggaran belanja. Dia mengatakan kegagalan antisipasi bisa menimbulkan sebuah krisis yang serius.

Peringatan Bernanke atas desifit tahunan menggambarkan adanya “ancaman riil dan berkembang” atas ekonomi Paman Sam.

“Satu-satunya pertanyaan riil, apakah penyesuaian berlangsung melalui proses yang cermat dan musyawarah? atau apakah butuh penyesuaian fiskan akan berlangsung cepat dan menyakitkan?” kata dia, seperti dikutip dari AFP, Selasa (05/11/2010).

Per September 2010, defisit AS sudah mencatatkan rekor USD1,47 triliun seiring turunnya pendapatan pajak dan langkah pemerintah mengucurkan bailout dan belanja stimulus.

Bernanke berharap, aturan fiskal baru yang akan disyahkan Kongres AS bisa membantu mengembalikan anggaran belanja pada jalurnya. Tapi, ini membutuhkan kebijakan politik yang berkelanjutan.

“Kongres dan presiden saat ini dan dimasa mendatang harus berani mengeluarkan kebijakan yang sulit untuk mengembalikan anggaran belanja pada rel yang berkelanjutan,” ujar dia.

Bernanke menambahkan, reformasi pajak AS yang kompleks bisa membantu masalah defisit. “Kebanyakan rakyat sepakat bahwa Undang-Undang (UU) Pajak masih belum efisien dan adil, apalagi UU Pajak terlalu kompleks dan memiliki biaya administrasi dan sanksi yang berat,” ungkap Bernanke.

“Pengumpulan pajak yang lebih efisien dan dirancang dengan sistem yang lebih baik bisa meningkatkan pertumbuhan dan mendorong kebijakan fiskal yang berkelanjutan," imbuh dia
sumber: okezone.com

No comments:

Post a Comment