Berita Ekonomi Global Berita Ekonomi Global | Perkembangan Perbankan SyariahEkonomi Global: Sukuk QIB Oversubscribed Delapan Kali

Wednesday 6 October 2010

Sukuk QIB Oversubscribed Delapan Kali

DOHA--Qatar Islamic Bank (QIB) menerbitkan sukuk 750 juta dolar AS. Sukuk perdana QIB tersebut pun sukses mencatat kelebihan permintaan sebesar 6 miliar dolar AS, atau hampir delapan kali dari total penerbitan.

Chairman QIB, Sheikh Jassim bin Hamad bin Jassem Al Thani, mengatakan sukuk global QIB menjadi sukuk global pertama yang diterbitkan lembaga keuangan Qatar. ''Jumlah penawaran yang tinggi terhadap sukuk QIB menunjukkan kepercayaan investor asing dalam menempatkan dananya di Qatar dan lembaga keuangan syariah,'' kata Al Thani, dikutip lama Peninsula Qatar, Senin (4/10).

Selain itu, lanjutnya, penerbitan sukuk tersebut pun mengonfirmasi akses pendanaan yang dapat digunakan lembaga keuangan. Al Thani menuturkan, kelebihan permintaan sukuk QIB pun menandakan kredibilitas QIB dan kepercayaan investor terhadap outlook QIB di masa mendatang. ''Suksesnya sukuk perdana ini menjadi tonggak QIB untuk penerbitan sukuk di masa mendatang dan membuktikan investor menerima lembaga kami,'' tukasnya.

Selain itu, lanjutnya, sukuk tersebut juga akan memperkuat neraca QIB dan kemampuan komitmen QIB dalam pengembangan ekonomi nasional. Sukuk QIB menjadi sukuk internasional pertama yang diterbitkan oleh lembaga keuangan Qatar. Sebelumnya sukuk global yang diterbitkan pada 2010 berasal dari Dar Al Arkan dan pemerintah Malaysia.

Untuk penawaran sukuk ini QIB telah melakukan roadshow ke sejumlah investor di Asia, Timur Tengah, dan Eropa pada akhir bulan lalu. Kelebihan permintaan yang dicatat QIB merupakan yang terbesar bagi lembaga keuangan di Teluk. QInvest, HSBC, dan Credit Suisse ditunjuk menjadi joint lead managers untuk penerbitan sukuk QIB yang memiliki tenor lima tahun dengan nilai kupon 3,856 persen per tahun.

republika.co.id

1 comment: